Sosialisasi Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla di Wilayah Hukum Polsek Bangkinang Barat

Sosialisasi Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla di Wilayah Hukum Polsek Bangkinang Barat

Kampar - Memasuki musim kemarau, Polsek Bangkinang Barat bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Resort Kampar melakukan sosialisasi dan penapenanganan Kebakaran Hutan dan Lahan. (30/07)

Sosialisasi  penanganan dan kesiapsiagaan tersebut dilakukan untuk Dua Desa di Wilayah Hukum Polsek Bangkinang Barat yakni Desa Pulau Terap dan Desa Empat Balai, dan dilakukan di Aula Kantor Desa Pulau Terap Kecamatan Kuok.

“Kegiatan dilaksanakan guna mempersiapkan peralatan – peralatan penanggulangan Karlahut. Selain itu, mempersiapkan personil Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada di setiap Dldesa,” ujar Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Rian Onel S.H, M.H

Kemudian, lanjut Rian Onel merupakan penanganan awal apabila terjadinya Karlahut.

“Apabila terdapat kekurangan peralatan maupun personil. Hal ini dapat kita siapkan dengan baik. Agar nantinya, bisa melakukan semaksimal mungkin,” sebut Kapolsek.

“Kita himbau kepada Masyarakat agar tidak melakukan perbuatan yang memicu terjadinya Karlahut", Tutup Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Resort Kampar BBKSDA Riau Muhammad Hendri S.H atau Datuk SinaoSinao menyampaikan kepada masyarakat agar tidak sampai membuka kawasan hutan.

"Menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan membuka kawasan hutan, terutama masayarakat jangan sampai membuka kawasan konservasi apalagi membakar, apabila itu terjadi kegiatan tersebut sudah masuk perbuatan melawan hukum tindak pidana, untuk itu kami menghibau agar masyarakat bekerjasama menjaga kondisi lingkungan masing-masingmasing-masing", Ucap Kepala Resort BBKSDA Riau Resort Kampar Muhammad Hendri, S.H.

Tak cukup sampai disitu saja, Camat Kuok Haidnur Rahman S.Stp, M.Si ketika menyampaikan kiranya masyarakat dapat memahami pesan yang disampaikan.

"Kira berharap pesan dalam sosialisasi yang disampaikan oleh pihak terkait dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat karena apapun nantinya yang akan kita lakukan akan berdampak", Pungkas Camat Kuok Hadinur Rahman.

Disisi lain selaku "Tuan  Rumah" Sosialisasi Kepala Desa Pulau Terap Defri Yunendra S.Si menyampaikan "Kami menghimbau semua masyarakat khususnya masyarakat Pulau Terap agar senantiasa menjaga agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Lebih baik kita buat tindakan preventif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Sebagai antisipasi awal Desa Pulau Terap juga sudah mempersiapkan alat pemadam seadanya", Tuturnya.

Turut hadir pada sosialisasi penanganan kesiapsiagaan Karlahut tersebut yakni, Camat Kuok, Hadinur Rahman S.Stp, M.Si, Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Rian Onal S.H, M.H, Kepala Resort BBKSDA Riau Resort Kampar Muhammad Hendri, S.H, Kepala Desa Pulau Terap Defri Yunendra,  S.Si, Kepala Desa Empat Balai Abdi Syukuri, S.T, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Masyarakat Peduli Api (MPA), Kepala Dusun Se-Pulau Terap dan Perangkat Desa,  serta Masyarakat. (red)